Oh Seram || Mengenal Tradisi Dalam Pernikahan Hantu di China

Oh Seram || Mengenal Tradisi Dalam Pernikahan Hantu di China

Oh Seram - Dalam pernikahan seharusnya menjadi moment yang paling memberikan kebahagiaan. Baik itu untuk para mempelai maupun keluarga dari kedua belah pihak. Tetapi gimana jadinya kalau ternyata pernikahan yang dilangsungkan memiliki kesan kisah misteri dan mistisannya? Nah, kebanyakan dari sobat ohseram mungkin berkata tidak. Tetapi ternayata memang ada loh prosesi pernikahan yang berbalut cerita misteri dan sangat menyeramkan.

Nah, inilah upacara pernikahan tersebut merupakan tradisi pernikahan Hantu di dataran China.

- Mengenal Tradisi Dalam Pernikahan Hantu di China


Sebelumnya tidak adil bila kita mengatakan bahwa tradisi mistis ini berasal dari dataran China. Karena faktanya ada beberapa negara di Timur Tengah maupun di Eropa juga memiliki semacam ritual yang sama.

Namun bisa dikatakan dengan prosesnya pernikahan Hantu di China merupakan tradisi yang sudah sangat tua dibandingkan dengan negara-negara lain. Tidak seperti misalnya praktik serupa di Perancis atau Sudah yang telah ada sejak tahun 1959. Di China, adat ini sudah dilakukan bahkan lebih lama dari itu.

Dalam tradisi pernikahan Hantu ini sama seperti layaknya acara perkawinan pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah mempelainya. Dalam pernikahan Hantu, biasanya ada dua kemungkinan. Yakni salah satu dari dua pasangan telah meninggal atau bisa juga keduanya.

- Alasan Dibalik Pernikahan Hantu di China?

Alasan Dibalik Pernikahan Hantu di China?


Mungkin beberapa dari sobat ohseram disini akan bertanya-tanya. Sebenarnya maksudnya apa sih di adakan pernikahan hantu ini? Faedahnya apa dan kenapa harus dilakukan oleh banyak orang-orang di China sana? – Jawaban dari pertanyaan tersebut kira-kira ada empat:

1. Perkawinan dari pasangan yang bertunangan dimana salah satunya meninggal sebelum acara pernikahan yang sah dilaksanakan.

2. Untuk menyambung alur patrinial seorang anak perempuan

3. Mempertahankan garis keturunan keluarga yang ditinggal mati

4. Syarat sebelum diberlangsungkannya pernikahan adik laki-laki (dimana kakak laki-lakinya sudah meninggal)

- Garis Keturunan Adalah Penting Dalam Adat China


Didalam budaya China, menjaga merga dan garis keturunan adalah suatu tanggung jawab yang paling penting yang harus selalu diemban setiap keluarga. Namun mereka tidak boleh membiarkan keturunannya terputus begitu saja. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kenapa orang china merupakan ras terbanyak yang mendiami bumi ini! Oleh karena itulah upacara tradisi pernikahan hantu ini bisa dilakukan.

- Pantangan Dari Menikah Sebelum Kakak

- Pantangan Dari Menikah Sebelum Kakak


Di budaya ini mungkin masih berlaku juga sih di beberapa daerah di Indonesia seperti jawa dan sunda. Dimana ada kepercayaan bahwa anak yang lebih muda tidak boleh “melangkahi” saudaranya yang lebih tua dalam hal pernikahan. Bila hal itu dilakukan, maka kemelut dan kesialan akan menimpa mereka. Ternyata di dataran China, budaya semacam ini juga berlaku. Dan ini berkaitan dengan prosesi ritual perkawinan hantu ini (point 4 alasan tradisi ini).

Di China, seorang lelaki yang saudara tertuanya telah meninggal dalam keadaan belum menikah. Maka dirinya dianjurkan untuk melakukan proses tradisi pernikahan hantu ini sebelum acara resepsi dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk meredam kemarahan dari arwah saudara tertuanya yang telah meninggal tanpa sempat menikah. Orang Cina percaya bahwa hal ini penting, agar roh sang kakak tidak mengganggu keluarga adiknya.

- Arwah Yang Gentayangan Tidak Tenang Karena Meminta Kawin??

Arwah Yang Gentayangan Tidak Tenang Karena Meminta Kawin??


Beberapa kasus terjadi yang melatar-belakangi terjadinya ritual perkawinan hantu ini adalah kerena arwah penasaran almarhum yang menghantui. Konon ada keluarga yang ditinggal mati oleh anak lelakinya. Namun, penampakan hantu anak lelakinya itu selalu muncul di dalam mimpinya setiap malam. Dalam mimpi tersebut dia terlihat sedih dan ketika ditanya, dia menjawab kalau dia ingin menikah.

Keluarga tersebut kemudian akhirnya memberlangsungkan ritual perkawinan hantu ini dalam rangka agar arwah anaknya yang sudah meninggal itu tidak selalu menghantui dalam mimpi. Dan agar dirinya bisa tenang di alam baka. Ngeriii dah!

- Tradisi Pernikahan Hantu Dalam Budaya Populer

Tradisi Pernikahan Hantu Dalam Budaya Populer


Tentu dalam budaya populer nan modern. Hal klenik yang berbalut cerita hantu misteri seperti ini sudah sangat jarang dipercaya kebenarannya. Bahkan adat ini oleh sebagian orang disalah-gunakan sebagai “dalih” untuk hidup membujang atau agar tetap single. (Kalian tahu sendiri kan gimana seremnya pertanyaan “Kapan nikah?” itu). Para feminist yang menolak pernikahan kemudian memanfaatkan ini untuk mengatasi pernikahan. Di China, banyak wanita melakukan prosesi perkawinan hantu ini untuk menghindari cibiran orang karena tetap melajang.
Oh Seram || Mengenal Tradisi Dalam Pernikahan Hantu di China Oh Seram || Mengenal Tradisi Dalam Pernikahan Hantu di China Reviewed by Sisil Mentel on Juli 10, 2019 Rating: 5

1 komentar:

  1. Mau Bonus Setiap Harinya ???
    BURUAN JOIN BERSAMA NEWPORKAS, dapatkan Bonus 10% Untuk Setiap Harinya!!

    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik dari NEWPORKAS!
    Bonus New Member 10%
    Bonus cashback 0.5 %
    Bonus Referensi 15%

    Hubungi CS Online untuk info lebih lanjut ?
    - Whatsapp : +855-1677-9023
    - Twitter : @ newporkas
    - LINE : newporkas. com
    - Link Alternatif = http://newporkas. com

    NB : Di sini kami memberikan BUKTI bukan JANJI dan yang paling penting pasti akan bayar!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.