Oh Seram || Fakta Bunga Kantil Yang Wangi dan Ritual-Ritual Bung Kantil

Oh Seram || Fakta Bunga Kantil Yang Wangi dan Ritual-Ritual Bung Kantil

Oh Seram - Bunga Kantil atau orang Jawa biasa menyebutnya Kembang Kantil, merupakan salah satu bunga khas di Jawa dan Bali. Namun bagi penduduk dua paulau ini, bunga Kantil merupakan salah satu elemen penting dalam berbagai upacara adat. Selain itu bunga yang memiliki aroma harum yang cukup unik ini juga merupakan bunga yang biasa di tanam di sekitar area pemakaman. Karena hal inilah bunga Kantil sering juga dianggap sebagai bunga yang memiliki aura mistisnya.


Dalam kesan mistisnya ini kian kuat dengan adanya cerita bahwa bunga Kantil merupakan salah satu bunga kesukaan Nyi Roro Kidul. Menurut legendarisnya yang ada, Nyi Roro Kidul menyukai bunga ini berkat wangi dan selalu memakai bunga ini sebagai hiasan pada rambutnya atau pun sekedar mengalungkanya di leher.

Jadi tidak heran jika bunga ini banyak digunakan dalam berbagai upacara adat hingga ritual mistis dan klenik lainya. Dan bunga ini sendiri konon memang cukup ampuh untuk digunakan sebagai sesajen karena disukai oleh makhluk halus. Kisah dari bunga unik inilah yang kali ini akan Ohseram.com bagikan:

1. Oh Seram Rumah Kesukaan Makhluk Halus

Oh Seram Rumah Kesukaan Makhluk Halus


Makhluk-makhluk halus ini sendiri konon tertarik dengan bau unik bunga Kantil yang memiliki aroma manis yang khas. Bagi yang pernah mencium bau bunga Kantil pasti setuju jika bunga ini memiliki aroma manis yang mirip dengan madu alami. Mungkin karena hal inilah pohon bunga Kantil kebanyakan di tanam di sekitar area pemakaman.

Oh ya hampir lupa, pohon bunga Kantil konon juga merupakan tempat Favorit bagi makhluk Kuntilanak. Jadi kalau sedang lewat di sekitar tempat yang ada pohon bunga kantilnya, jangan mudah menoleh ya, salah-salah malah bisa di mesemin sama mbak kunti...hihihihi..

2. Oh Seram Media Pelet Yang Ampuh

Oh Seram Media Pelet Yang Ampuh


Dari sinilah konon bunga Kantil berasal, menurut cerita yang ada nama Kantil sebenarnya berasal dari kata Kemantil-matil yang dalam bahasa Indonesia artinya (Selalu teringat).

Tetapi meski sangat ampuh, bukan berarti semua orang bisa menggunakan pelet bunga Kantil, karena untuk bisa mendapatkan kekuatan mistis bunga ini dibutuhkan berbagai ritual dan pantangan bagi penggunanya. Beberapa ritual tersebut diantaranya mulai dari puasa mutih, semedi hingga menggunakan kain mori (kafan) sebagai media untuk menggunakan pelet bunga Kantil.

3. Oh Seram Sebagai Alat Uji Keperawanan

Oh Seram Sebagai Alat Uji Keperawanan


Banyak orang mungkin akan menganggap hal ini konyol, tetapi memang begitulah mitos yang ada pada masyarakat Jawa. Menurut cerita Jawa kuno, bunga yang memiliki nama latin (Micheila Alba) ini dapat memberikan pertanda jika seorang perempuan sudah tidak perawan lagi.

Tetapi bagaimana cara menggunakan bunga ini sebagai pendeteksi keperawanan seorang perempuan? Ternyata caranya mudah, cukup pakaikan saja bunga ini pada mempelai perempuan. Jika kemudian bunga ini jadi tidak wangi lagi dan mulai mekar itu adalah pertanda jika sang mempelai perempuan sudah tidak perawan lagi. Begitu pula dengan sebaliknya jika bunga ini tetap wangi dan kuncup maka sang mempelai perempuan dipercaya masih perawan saat akan menikah.

Mungkin karena mitos-mitos ini pula, bunga Kantil menjadi ornamen penting dalam pernikahan adat Jawa.

4. Oh Seram Membuat Awet Muda

Oh Seram Membuat Awet Muda


Kandungan gizi dalam bunga Kantil inilah dipercaya menghabat orang untuk terlihat tua. Selain sebagai obat awet muda, ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain diantara Sinusitis, Radang Saluran Pernafasan, Vertigo, hingga maslah keputihan. Semua manfaat bunga Kantil untuk kesehatan ini juga bukan, asal-asalan karena sudah di uji oleh lembaga medis kita.

5. Oh Seram Penangkal Sawan

Oh Seram Penangkal Sawan


Salah satu cara untuk menghindari Sawan ini adalah dengan menggunakan bunga Kantil. Penduduk Jawa percaya jika bunga Kantil dapat menghindarkan makhluk halus untuk menempel pada manusia. Karena itu pulalah, bunga ini biasanya di tanam di sekitar area pemakaman atau juga di taburkan pada pusara orang yang baru meninggal. Dangan cara ini orang Jawa percaya jika arwah orang yang baru meninggal atau makhluk-makhluk halus yang berkeliaran di sekitar kubur tidak akan ikut pulang dengan orang yang mengantar jenazah ke kuburan.

Nah, sahabat Ohseram itulah beberapa fakta mistis tentang bunga Kantil, bagaimana menurut kalian apakah ada yang menarik? atau kaian tahu fakta menarik lain dari bunga Kantil? Kalau iya jangan malu-malu untuk meniggalkan komentar dan berbagai kisahnya bersama kami...
Oh Seram || Fakta Bunga Kantil Yang Wangi dan Ritual-Ritual Bung Kantil Oh Seram || Fakta Bunga Kantil Yang Wangi dan Ritual-Ritual Bung Kantil Reviewed by Sisil Mentel on Juni 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.