Cerita Asal Usul Mak Lampir Yang Sebenarnya Dari Gunung Merapi Sumatra Atau Gunung Merapi Jawa

Cerita Asal Usul Mak Lampir Yang Sebenarnya Dari Gunung Merapi Sumatra Atau Gunung Merapi Jawa

Oh Seram - Mak Lampiran asal-usulnya dari gunung merapi Sumatera, Tetapi ada juga yang berpendapat Mak Lampir atau nenek lampir asal-usul dari Jawa, lantaran ada gunung merapi juga di Jawa. Banyak versi cerita Mak Lampir setelah berasal dari Jawa atau Sumatera. Tentu sebagian banyak orang mengenal tikoh Mak Lampir setelah di tayangkannya film Mak Lampir dengan judul Misteri Gunung Merapi dengan beberapa tahun yang lalu di setasiun televisi.

(PORKASPOKER) Ada yang meragukan bahwa cerita tentang meisteri Mak Lampir adalah kisah nyata dan benarkah Mak Lampir itu ada? Dan Mak Lampir yang didalam film Misteri Gunung Merapi yang di perankan  oleh Farida Pasha di ceritakan sebagai tokoh yang begitu menakutkan, tetapi dalam versi cerita sejarahnya Mak Lampir terkandung pula kisah moralnya.

Dongeng Rakyat Kisah Mistis Sejarah Asal Usul Mak Lampir

Dongeng Rakyat Kisah Mistis Sejarah Asal Usul Mak Lampir

AGEN CEME - Sejarahnya Mak Lampir di Sumatera adalah cerita rakyat yang di ceritakan orang-orang dari kaki Gunung Merapi atau berapi yang terdapat di propinsi Sumatera Barat, tepatnya di kabupaten Agam (Bukit Tinggi) secara turun temurun.

AGEN POKER - Namun, Kisah Sejarah Mak Lampir ini dapat begitu terkait dengan Legenda 7 Manusia Harimau yang juga datang dari Sumatera Barat, beberapa di propinsi Bengkulu serta Lampung, sesunggunya Mak Lampir adalah seorang putri dari kerajaan kuno Champa, kerajaan Champa kata (Champa) diambil dari bahasa Vietnam Chiem Thanh dengan arti kerajaan yang pernah kuasai daerah yang saat ini termasuk juga Vietnam Tengah serta Selatan, di prediksikan pada era ke-7 sampai dengan 1832.

Kecantikan Mak Lampir

Kecantikan Mak Lampir

BANDAR CEME - Pada suatu kisah Mak Lampir yang kala itu masih gadis cantik jatuh cinta dengan pimpinan dari pasukan harimau, pemimpin dari pasukan harimau itu yaitu Datuk Panglima Kumbang, lantaran cintanya tidak di restui oleh ke dua orang tuanya, lalu dia di buang, serta Mak Lampir mengambil keputusan untuk lakukan pertapaan di Gunung Merapi Sumatera.

BANDAR POKER - Dalam pertapahannya dia berjumpa dengan seseorang petapa yang sekalian jadi guru Mak Lampir, hingga pada akhirnya Mak Lampir mempunyai kemampuan yang sakit serta susah untuk di tandingi.

Sesungguhnya Datu Panglima Kumbang juga menyukai Mak Lampir, walau demikian begitu di sayangkan Mak Lampir tidak tahu bakal hal semacam itu, sepanjang Mak Lampir di buang, dia selalu mencari Datuk Panglima Kumabang, namun tidak pernah berjumpa, hingga pada akhirnya Mak Lampir serta Datuk Panglima Kumbang di pertemukan dalam satu pertempuran, yang selsesai dengan tewasnya si Datuk Panglima Kumbang.

AGEN DOMINO - Namun, Ketika Mak Lampir mengetahui cintanya Datuk Panglima Kumbang untuk Mak Lampir tersebut, Mak Lampir pun juga begitu menyesal, dengan kesakitan yang di milikinya, dia mengikat jiwa Datuk Panglima Kumbang ke bumi dengan konsekwensi badan serta muka cantiknya beralih jadi jelek serta menyeramkan dan begitu menakutkan seperti nenek-nenek yang di sebut Nenek Lampir.

Dengan harapan satu waktu sang Datuk Panglima Kumabang yang mendukung bertemu dengan makhluk jahat serta jelek rupa, bisa mengerti kalau dia adalah sang putri serta terima kembali cintanya dengan tulus, walau demikian tuhan berkehendak lain, sesudah Datuk Panglima Kumbang hidup kembali, bukanlah cinta yang di temui Mak Lampir, malah Datuk Panglima Kumbang memiliki pendapat kalau Mak Lampir adalah Setan serta penebar teror pada orang-orang, dan awalnya peperangan gaib berlangsung pada Hitam serta Putih.

BANDAR DOMINO - Sedangkan dalam cerita Kisah Sejarah Mak Lampir versi lain juga di katakan, Mak Lampir adalah manusia yang mencari jalan agar bisa hidup abadi kekal serta pada akhirnya bersekutu dengan makhluk Jin serta Setan untuk wujudnya semua, dan Mak Lampir hidup sampai beberapa ribu tahun. Dan hingga di juluki Mak Lampir atau Nenek Lampir.

Nah, begitu terkenalnya kisah cerita misteri Mak Lampir sampai-sampai tokoh ini di jadikan film yang salah satunya berjudul Misteri Gunung Merapi, akan tetapi belum dapat di yakinkan semuanya keakuratan sumber kisah misteri cerita rakyat tersebut.
Cerita Asal Usul Mak Lampir Yang Sebenarnya Dari Gunung Merapi Sumatra Atau Gunung Merapi Jawa Cerita Asal Usul Mak Lampir Yang Sebenarnya Dari Gunung Merapi Sumatra Atau Gunung Merapi Jawa Reviewed by Sisil Mentel on Mei 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.